Friday, August 31, 2018

Fida Abbott Promosikan Batik Melalui Peluncuran Buku Hibridanya

Fida Abbott Promosikan Batik Melalui Peluncuran Buku Hibridanya

Bila Anda salah satu penyinta media Harian Online KabarIndonesia (HOKI), maka nama Fida Abbott sudah tak sing lagi. Kiprahnya di HOKI sebagai salah satu pewarta warga sudah dimulai sejak bulan Desember 2006. Beberapa bulan kemudian, ia mendapatkan penawaran bergabung sebagai salah satu tim editor sukarelawan di HOKI. Oleh karena ketekunan dan kerajinannya, ia mendapatkan kepercayaan sebagai Redaktur Pelaksana. Beberapa tahun kemudian saat HOKI tak memiliki Pimpinan Redaksi, ia yang mengambil alih tugas tersebut walau secara formal ia tak menduduki jabatan tersebut. Dengan keberhasilannya membawa HOKI terus berkibar walau tersendat-sendat dan sangat lamban jalannya karena faktor kesibukan kerja dan tanggung jawabnya sebagai seorang istri dan ibu, ia akhirnya tampil sebagai Direktur HOKI pada bulan Januari 2017.

"Arek Suroboyo" yang tinggal di negara bagian Pennsylvania sejak tahun 2002 ini baru saja meluncurkan buku terbarunya berjudul Exploring My ideas. Buku tersebut adalah perpaduan antara kumpulan sepuluh cerpennya dengan berbagi cerita tentang ide yang didapatkan untuk menulis sepuluh cerpen. Tak hanya itu, karena terdapat panduan singkat dan praktis mengimplemantiskan ide dalam susunan cerita, dan diakhiri dengan tips yang singkat, padat, serta informatif bagi para penulis pemula di Amerika Serikat.

Acara peluncuran buku Exploring My Ideas diadakan di Stone Hall, Episcopal Church of the Trinity, Coatesville pada Sabtu, 4 Agustus 2018. Salah satu yang menarik pada acara ini adalah kesempatan yang diambilnya untuk memromosikan batik dalam acara lelang. Di sebuah baki rotan yang berukuran cukup besar, ia menawarkan kedua bukunya berjudul Enthusiasm dan Exploring My Ideas beserta asesorisnya, sebuah buku berkebun, dua buah piring dan dua buah mangkok kedawung buatan Indonesia, produk-produk makanan dan minuman Indonesia, taplak meja batik, dan sebuah kain batik. Pemenangnya adalah penawar tertinggi yang dimenangkan oleh Stuart Deets dengan harga tawar sebesar USA $125.00. Total lelang dan bantuan dana yang diterima di acara peluncuran buku tersebut akan diberikan kepada Episcopal Church of the Trinity yang akan menyelanggarakan hari jadinya ke-150 bulan Oktober mendatang.

Acara khusus dan privat ini dihadiri oleh empat puluh enam orang yang juga dimeriahkan oleh Tiger Paw Trio yang menampilkan tiga permainan "string" untuk tiga buah musik klasik, yaitu Saturday at the Symphony, Brandenburg Concerto No. 3, dan Jesu, Joy of Man's Desiring; dan Noel Bourgeois yang bermain piano dengan berbagai jenis lagu yang dimainkannya. Acara peluncuran buku tersebut diakhiri dengan door prize dan penandatanganan buku.

Fida berharap buku Exploring My Ideas akan memberikan inspirasi kepada penulis pemula untuk berani berimajinasi dengan bebas dan menampilkan karya-karyanya, baik untuk kalangan sendiri atau secara profesional melalui media online. Meski baru saja diluncurkan, Fida sudah mendapat tawaran untuk menberikan pelatihan menulis berkolaborasi dengan para pelatih lainnya di sebuah perpustakaan di Coatesville. Sedangkan untuk mendapatkan bukunya, saat ini sudah tersedia online di Xlibris, Amazon, Barnes & Noble, Ingram, Baker & Taylor, dan took-toko buku online lainnya baik dalam versi hardcover, paperback, dan eBook (Kindle, Nook, dan sebagainya).

Ditanya rencana apa yang akan dikerjakannya setelah itu, ia tersenyum dan menjawabnya: "Akan saya terjemahkan ke Bahasa Indonesia dan menyusun kembali bab terakhir khusus untuk para pembaca dan penulis di Indonesia. Semoga ada penerbit di Indonesia yang berminat menerbitkannya di Indonesia sehingga buku itu pun akan berguna bagi masyarakat Indonesia." (*) 


Keterangan foto dari kiri ke kanan: Stuart Deets yang memenangkan lelang, Sherry Deets adalah penggembala sidang jemaat Episcopal Church of the Trinity, dan Fida Abbott yang mengenakan atasan batik. (Foto oleh Gregory Abbott)


* Artikel di atas telah tayang di HOKI, 10 Agustus 2018

No comments:

Post a Comment